Minggu, 15 Agustus 2010

Antara Maya dan Nyata

Selamat datang kembali dunia maya! selamat datang teknologi!
Apasih? Iya...abisnya kemarin malem habis bermalam di rumah mbah saya di sebuah desa.
Dan entah kenapa desa itu sedikit terisolasi. Di dalam rumah sinyal handphone adalah suatu yang langka.
Kalau mau telpon, paling nggak harus sibuk cari-cari sinyal di halaman rumah, atau di titik-titik yang random.
Itu kegiatan yang agak menguras tenaga dan kesabaran. Makanya seperti biasa saya biarkan saja diri saya terisolasi, saya biarkan orang-orang nggak bisa menghubungi saya (iya kalau ada....).
Apalagi online, blogwalking, dan browsing berjam-jam seperti yang selalu saya lakukan...mana mungkin bisa saya lakukan di sana.
Maka dari itu sms lebaran pun agak susah dilakukan di hari H.

Tapi di sana, di tengah-tengah keluarga. Di saat kita bisa saling berbagi cerita, berbagi canda, bertanya kabar, bertanya kegiatan sehari-hari, dan segala jenis obrolan lain. Kita tidak butuh dunia virtual ataupun teknologi komunikasi canggih.
Di saat ruang dan waktu tidak memisahkan kita, kita tidak butuh itu semua.
Di saat ada teman yang nyata, kita tidak lagi butuh yang maya.

Dan dunia saya yang biasa itu jadi terlupa sesaat...
Tapi setelah kembali ke sini, dan ngidupin hp lagi... dan sms yang tadi pending berdatangan, sadar deh ada banyak hal yang saya lewatkan (meski nggak gawat si, cuma janji buka bareng dll), saya kembali diingatkan bahwa teknologi itu memang perlu.
Manusia udah terlanjur bergantung pada teknologi. Manusia udah terlanjur dimanja dengan hubungan-hubungan maya, nggak harus ada pertemuan untuk membangun pembicaraan.
Nggak harus berpindah tempat untuk bisa 'bertemu' dengan yang lain.
Batas itu semakin tipis.

Meski saya menikmati komunikasi yang langsung, saya menikmati pertemuan, tapi nggak mungkin juga saya nggak berterima kasih dengan si penemu dan si pengembang teknologi komunikasi yang menciptakan dunia maya.
Yang menjadi teman saya di masa-masa sepi.

Ah udah ah...sok puitis gilaa bahasanya....
Besok Senin lagi, have a great weekdays everyone....

0 komentar:

Posting Komentar