Senin, 18 Oktober 2010

Gosip, Gosip,

Belakangan ini, saya lagi sering baca status yang kira-kira begini bunyinya :
"Baik di depan aku, tapi ternyata ngomongin di belakang."

Ada beberapa yang intinya : dia diomongin sama orang lain.
Well
, kalau menurut saya sih itulah bumbu dalam pergaulan. Diomongin. Memang kalau kita akhirnya tau, rasanya sakit dan nggak enak, apalagi kalau yang mereka bilang itu nggak sesuai sama kenyataan. Jadi mereka udah sok sok men-judge kamu padahal belum kenal bagaimana kamu yang sebenarnya.

Kalau kamu sampai diomongin dan digosipin, ada beberapa kemungkinan yang menjadi sebabnya:
  1. Karena sifat dan sikap kamu nggak sesuai sama yang orang-orang harapkan. Memang kita harus tetap jadi diri sendiri, tapi ada baiknya kita berkaca juga, kali-kali aja kritik dari orang-orang bisa jadi input yang bagus untuk diri kamu. Jadi orang yang lebih baik itu kan sama sekali nggak rugi, selama kamu tetap nyaman, lakukanlah perubahan. Tapi kalau mereka teteeep aja ngomongin kamu, gerebek aja sarang gosip mereka dan teriakkan "Get a life!" sekeras mungkin.
  2. Karena kamu terlalu menutup diri. Orang-orang disekitar kamu yang suka sok penasaran abis sama hidup kamu kan jadi gatel dibuatnya, gatel untuk mengorek-ngorek urusan kamu. Gawatnya, kalau mereka dapat info dari orang yang salah, dan jadi berprasangka yang macem-macem. Maka dari itu, sebaiknya jangan terlalu tertutup. Tunjukkan pada dunia (tsahhh....) kamu itu orang seperti apa, biar para 'penggemar'mu itu jadi nggak penasaran dan berhenti menyangka-nyangka.
  3. Karena kamu terlalu perfect di depan semua orang. Weeitsss jangan salah, manusia-manusia yang sedang berkumpul itu emang suka mencari-cari bahan pembicaraan seru. Dan meskipun kamu menjadi orang super ramah, baik, penurut, rajin mencuci, rajin beribadah pun jangan harap kamu bisa lolos dari sasaran orang-orang macam itu. Mereka akan lebih giat mengorek-ngorek lagi malahan. Kenapa kamu begini? kenapa kamu begitu? Jadi sebaiknya, saat kamu tunjukkan kelebihan kamu, tunjukkan juga kelemahan kamu. Just be a real human dahling...
  4. Kamu juga suka ngomongin orang lain. Nah loh, pernah ada yang bilang who gossip with you, will gossip of you. Jadi kalau pada dasarnya kamu adalah si biang gosip, udah hukum alam kamu pun akan digosipin, just deal with it.
Sebab-sebab lainnya masih ada, mungkin kalau saya nemu lagi bakal saya post ke sini :)

Menurut saya begini, kita nggak bisa paksain semua orang bisa suka sama kita. Karena setiap orang punya bentuk pikiran masing-masing. Digosipin, diomongin dibelakang, itu adalah resiko. Itu justru menjadi bukti kalau kamu diakui keberadaannya di dunia ini.

Keep calm and carry on baby, tunjukin aja ke mereka kalau kamu itu nggak seburuk yang mereka bilang. Dengan cara? menunjukan prestasi kamu mungkin... tunjukan kalau kamu juga punya sesuatu yang berguna untuk orang banyak, setidaknya untuk diri sendiri.

Kalau kamu udah baik-baik aja, kalem-kalem aja tapi tetap diomongin, yaaa jelas itu bukan salah kamu, itu salah mereka. Mereka yang belum bisa melihat kamu dari sudut yang benar.

Saya pernah baca dari novel paporit saya, "Dibenci dan dicemburui adalah sebuah pujian."-Unbelievable
Agak nyambung lah ya sama topik kita ini, kalau kamu digosipin orang-orang, itu berarti kamu cukup penting bagi mereka, just take it as a compliment :)

Baiklah, ini hanya menurut pikiran saya yang masih cetek, XOXO

0 komentar:

Posting Komentar