Kamis, 17 Juni 2010

Menunggu Janji Obama


Suatu malam, waktu lagi flu dan nggak bisa tidur, saya nonton berita di TVRI. Apa ya judul acaranya, semacaam Dunia Dalam Berita. Sedang membahas serangan Israel yang bertubi-tubi ke Palestine. Untungnya Ariel bersama 2 seleb lainnya nggak sampai dibahas di sini.

Bahasan Israel dan Palestine yang terus konflik memang udah teramat sering diekspos media, tapi yang menarik di sini adalah Obama disebut-sebut. Saya juga sempat bertanya-tanya, Obama apa kabar? bukannya dia menjajnjikan adanya perubahan dunia? Ya setidaknya perubahan pandangan Amerika terhadap negara-negara Arab.

Tapi nggak pernah sedikitpun kelihatan di tv Obama bertindak atau berpendapat apapun soal pelanggaran kemanusiaan yang dilakukakan Israel. Dia diam saja. Dia diam saja. Saya yang tadinya bersimpati ke anak Menteng ini, dan mendukung dia jadi Presiden Amerika jadi mulai sadar, kalau dia tidak seperti yang saya kira.

Beside of dia nggak jadi jadi dateng ke Indonesia padahal masyarakat Indonesia begitu antusiasnya menyambut dia, saya mulai ilfeel aja ke Obama ini. Mungkin terpengaruh narasi berita TVRI yang bilang, "Janji Obama akan perdamaian di dunia Arab menguap sudah seiring berjalannya waktu. Pidatonya untuk menarik simpati dunia, hanyalah kebohongan."
Dan mengutip pernyataan pemimpin negara mana gitu, "Senyum Obama tidak bisa dipercaya."
Saya jadi semakin kecewa ketika pembaca berita tv bilang kalau Obama mengklaim, "Kekerasana memang mutlak diperlukan, dan perang adalah hal yang terkadang perlu dilakukan untuk kepentingan tertentu."

Gimana ceritanya Nobel Perdamaian dikasih ke orang yang setuju dengan perang?
Seluruh dunia padahal berharap banyak sama Barack Obama, berharap dia bisa menuntaskan perang di daerah konflik. Dulu dia terlihat sangat bersahabat dengan negara Islam, padahal sebelumnya pemerintahan Amerika keliatan anti banget. Dia selalu bilang "Change, we can believe in." Tapi nyatanya apa yang berubah?

Janjinya menguap begitu saja.

Well, it's just my own opinion. I write in peace ^_^V

0 komentar:

Posting Komentar