Senin, 12 Juli 2010

Belajar dari Film


Selesai nonton film maraton : Post Grad dan Miss Congeniality 2
Iya tau, Miss Congeniality 2 itu udah film dari jaman kapan....2004/2005 kali. Tapi baru kesampaian nonton aja.

Good film buatku adalah yang...

Menghibur, jelas dong. Nonton film kan untuk tujuan entertain. Jadi aku pikir ngapain kita nonton film buat ngerasa stress, tertekan liat kekejaman orang psycho, atau jadi parno ke kamar mandi. That's why horror or trailer is not my thing -_-"

Pesan moral. Penting banget ini, kalau nonton film sekedar yang konyol, bikin ngakak, atau sedih dan bikin iba. Tapi nggak dapat pesan moral, jadinya kosong, hampa. Jadi mikir, "film apa sih?"
Ada atau nggak pesan moral yang didapet juga tergantung orang yang nonton sih.
Tapi kalau aku suka nggak dapet pesan moral di film yang cuma action-action aja yang ditonjolin, yang penuh baku hantam dan tembak-tembakan doang.
Dan juga film yang cuma romance aja, cuma tentang si cewek dan si cowok yang berjuang demi cinta. Tanpa background keluarga atau unsur sosial lain. Bosaaaann....
Hidup bukan hanya soal itu man...

Se-pink-pink-nya film Legally Blonde, masih tetap banyak pesan moral yang bisa memotivasi kita. Misalnya, kita nggak perlu menjadi apa yang orang lain mau-karena cukup dengan yang udah ada dalam diri kita, kita masih bisa menjadi 'sesuatu' untuk orang banyak (aduh maaf agak ribet ya bahasanya).

Film Post Grad ini simpel banget plotnya. Cuma tentang Ryden Malby, seorang lulusan universitas yang terlalu fokus sama cita-citanya. Sampai-sampai dia nggak menyadari bahwa yang penting itu bukan kehidupan macam apa yang kita jalani, tapi dengan siapa kita menjalaninya. Ryden selama ini nggak menyadari tentang orang-orang yang perhatian ke dia-yang seharusnya dia perhatiin juga.


Di filmnya Sandra Bullock-Miss Congeniality 2 ada kalimat yang menarik,
"People care about people who care about themselves"
Ini diucapkan Joel-penata rias, waktu menasehati Gracie untuk merawat diri dan merhatiin penampilannya.
Tapi di akhir film, kalimat ini diputarbalikkan Gracie,
"People may care about people who care about themselves, but I just don't care about those people. "
Yaa kira-kira Gracie cuma mau bilang, bahwa kita nggak perlu terlalu peduli sama pendapat orang lain tentang penampilan kita. Untuk apa kalau itu merubah kita menjadi 'yang bukan kita'?
Zzzzt agak dilema ya, tapi kalimat yang pertama ada benarnya juga ^_^
Jadi selanjutnya terserah anda ... ;)

0 komentar:

Posting Komentar